Ads (728x90)

saya pernah mengalami FlashDisk tidak terbaca di ubuntu 12.04 yang terinstall di leptop saya, saya bertanya di setiap group - group linux yang saya ikuti jawabannya adalah " FORMAT "
permasalahannya bagaimana cara saya memformat FD sedangkan FD milik saya tidak terdeteksi, saya coba format melalui windows sama saja hasilnya tetap tidak bisa, banyak yang menyarankan memakai GParted, tapi tetap gagal dan FD saya malah unlocated, sehingga ada yang memberitahu saya untuk memakai CFDISK,
saya akui ini lebih ampuh dan bagus untuk memformat semua, berikut cara - caranya

1. cek terlebih dahulu partisi flashdisk anda dengan cara :

# fdisk -l
 nanti akan muncul apakah partisi FlashDisk anda sdb / sdb1
kebetulah di saya munculnya sdb1

2. jika sudah tau partisi anda silahkan lakukan perintah ini

# cfdisk /dev/sdb1
nanti akan muncul seperti ini
cfdisk di ubuntu

3. jika di anda muncul seperti di atas maka anda langsung saja pilih New
tetapi jika tidak silahkan pilih Delete lalu pilih New

4. jika sudah silahkan pilih Primary untuk memuat partisi ulang
5. tekan enter untuk jumlah maksimal dari FlashDisk anda
6. Pilih Bootable lalu pilih Write
7. ketik yes lalu enter
8. klik Quit untuk keluar dari CFdisk
9. ketik lsblk untuk melihat partisi FD yang sudah kita buat ( sdb / sdb1 )
10. ketik mkfs.vfat -F32 /dev/sdb1 ( sesuai dengan partisi anda )
11. ketikan dosfslabel /dev/sdb1 BangAzen ( untuk memberi nama label FD anda )
12. sekarang anda sudah bisa melihat hasil format FD anda dan FD anda sudah bisa terbaca kembali di ubuntu anda,

tutorial ini saya coba di ubuntu untuk diluar ubuntu saya kurang tau, jika ingin mencoba silahkan saja, terima kasih.

Post a Comment

Blogger